Jumat, 27 Januari 2017

Resep Cara membuat Dendeng Balado Padang agar awet tahan lama

Kali ini, saya akan mengajak teman teman untuk membuat satu resep spesial yang cukup terkenal juga di negara kita, yaitu Cara Membuat Dendeng Balado Padang. Diantara kita yang pernah jalan jalan di  Padang pasti tahu bahwa makanan ini terdiri dari 2 macam jenis dendeng sapi balado, yaitu daging dendeng balado basah dan dendeng balado kering yang biasanya dijadikan oleh oleh untuk wisatawan yang berkunjung di daerah Padang. Ada banyak resep masakan daging yang ada di tengah masyarakat kita.

Bahan Membuat Resep Dendeng Balado Padang agar awet

1.Daging sapi 1 kilogram kualitas bagus. Gunakan bagian sapi has dalam yang mempunyai kandungan lemak sedikit. Rebus daging sampai mendidih untuk menghilangkan kotoran sehingga tidak perlu dicuci dan kemudian tiriskan sebentar.   
2.Bawang putih ukuran sedang besar7 siung. Kupas kulitnya dan pukul pukul kasar (geprak) 3 pcs bawang untuk rebusan dan sisanya dihaluskan untuk rendaman daging supaya lebih meresap.
3.Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bahan rendaman.  
4.Lada putih halus atau bubuk kurang lebih sebanyak satu sendok keci untuk bahan rendaman.  
5.Ketumbar kurang lebih sebanyak satu sendok kecil atau sendok teh saja untuk bahan rendaman. Haluskan.   
6.Garam dapur beryodium secukupnya untuk bahan rendaman.
7.Gula pasir putih secukupnya untuk bahan rendaman. 
8.Buah cabai merah besar sebanyak 4 pcs. Cuci bersih dan belah dua untuk dibuang isinya dan tumbuk tumbuk kasar (bumbu balado). 
9.Buah cabai keriting 5-8 pcs atau sesuai selera. Cuci bersih dan tumbuk tumbuk kasar  (bumbu balado).  
10.Daun jeruk ukuran sedang sebanyak 3 pcs (bumbu balado).
11.Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 8 siung. Kupas kulitnya dan iris tipis tipis (bumbu balado).
12.Air asam kurang lebih sebanyak dua sendok makan saja untuk campuran bumbu baladonya (terbuat dari 2 sendok teh asam jawa dan 4 sendok makan air).
13.Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng daging dendeng dan menumis bumbu balado.


Cara Membuat Resep Dendeng yang Enak dan Renyah

 1.Siapkan panci lagi dan isi dengan air bersih secukupnya. Masukkan lada putih sebanyak 1 sendok teh, bawang putih yang sudah digeprak, garam secukupnya dan buah pekaknya. Aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
2.Masukkan daging sapi yang sudah direbus sebelumnya ke dalam panci di atas. Rebus daging sapi sampai empuk sambil di bolak balik. Angkat daging dan tiriskan setelah matang lalu potong potong sesuai selera. Cara memotong daging yang benar adalah mengikuti alur serat dagingnya.
3. Sambil menunggu daging dendeng diaatas matang, kita bisa menyiapkan bahan untuk rendaman dagingnya.
4. Ambil satu wadah lagi agak besar dan masukkan bumbu bumbu halus untuk bahan rendamannya (bawang putih, bawang merah, ketumbar, air asam dan lada putih).
5. Tuang air secukupnya dan aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata.
6.Tambahkan garam dapur dan gula pasir secukupnya dan kemudian aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
7.Ambil daging yang sudah dipotong potong dan pukul pukul sedikit dengan benda tumpul supaya lebih empuk dan bentuknya agak melebar dan pipih.
8. Masukkan daging diatas ke dalam wadah bumbu rendaman sampai semua bagian tertutup air. Diamkan selama kurang lebih 50-60 menit supaya bumbu meresap ke dalamnya.
9.Setelah direndam goreng daging diatas ke dalam wajan yang berisi minyak banyak dengan api sedang sampai daging berwarna agak kehitaman (jaga jangan sampai hitam hangus). Angkat setelah matang dan tiriskan. Ulangi untuk semua daging.
10. Langkah kedua adalah membuat bumbu baladonya.
11. Siapkan wajan dengan api kecil sedang dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 6-7 sendok makan).
12. Masukkan bawang merah yang sudah diiris dan tumis sampai matang.
13.Masukkan cabai merah dan cabai rawit yang sudah di tumbuk/uleg kasar, garam dapur beryodium, air asam dan daun jeruknya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
14. Masukkan daging dendeng ke dalam bumbu baladonya. Aduk aduk kembali sebentar sampai semua bumbu tercampur rata.
15. Angkat dan hidangkan dendeng baladonya.

Mungkin buat yang belum pernah mencobanya, cara membuat resep dendeng balado di atas agak susah dan membutuhkan watu yang lama. Tetapi semua itu sebanding dengan cita rasa yang akan kita dapatkan nantinya. Selain enak, dendeng ini juga termasuk makanan yang tahan lama asal saat memasaknya benar benar kering.
Untuk menikmati dendeng ini tentu memerlukan waktu yang lama dan belum tentu rasanya seenak di restoran, tapi kini sudah ada dendeng yang enak sudah siap untuk dihidangkan dengan adanya Dendeng Limosin yang terbuat daru daging pilihan dengan bumbu yang pas lidah. Yuk kawan cicipi kelezatan Dendeng Sapi limosin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar